Sejarah

TK YPS Lawewu dulunya bernama Taman Kanak-Kanak P.T. Inco. Berdasarkan surat permohonan ijin pendirian sekolah taman kanak-kanak yang dibuat oleh Miss B.M. Barton selaku Head Teacher P.T. International Nickel Indonesia, tertanggal 24 November 1971 di Malili, maka pemerintah merespon hal tersebut dengan baik melalui surat persetujuan oleh Bupati Kepala Daerah Kabupaten Luwu, A. Achmad tertanggal 7 Desember 1971 di Palopo. Di surat itu dinyatakan bahwa pemerintah menyetujui permohonan itu dengan catatan agar sekolah tersebut dapat dimanfaatkan oleh anak-anak Karyawan P.T. Inco yang berbangsa Indonesia serta masyarakat di sekitarnya.

Sejarah berdirinya TK YPS Lawewu tidak bisa lepas dari sejarah berdirinya Yayasan Pendidikan Sorowako (dulunya Yayasan Pendidikan Soroako). Yayasan Pendidikan Sorowako mendapat ijin pendirian sekolah pada hari Selasa tanggal 3 bulan April tahun 1979 melalui Notaris Joost Dumanauw Sarjana Hukum di Ujung Pandang. Di dalam Akte Pendirian Sekolah tersebut dituliskan maksud dan tujuan yayasan yaitu:

1. Membantu mengembangkan sarana pendidikan di daerah operasi P.T. INCO di Ujung Pandang terutama di Soroako dan sekitarnya, di Kecamatan Malili dan Nuha, Kabupaten Luwu, Propinsi Sulawesi Selatan.

2. Menyelenggarakan pengelolaan pendidikan di daerah Soroako dan sekitarnya, baik pendidikan umum maupun kursus, dimulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak sampai tingkat tinggi (Taman Kanak-Kanak/ Sekolah Dasar/ Sekolah Menengah Pertama/ Sekolah Menengah Atas/ Akademi/ Perguruan Tinggi).

Pada waktu itu, Kepala sekolah pertama TK YPS Lawewu adalah Ibu Sri Aminarti dan Ketua Umum YPS adalah Bapak B.Susanto. Kurikulum yang dipakai pada saat itu adalah Kurikulum TK 1976 yang disempurnakan (sesuai yang ditentukan pemerintah). 

Sampai sekarang, TK YPS Lawewu sudah beberapa kali berganti kepala sekolah maupun pihak managemennya. Sekarang TK YPS Lawewu ada di bawah pimpinan Bapak Aep Suryana selaku kepala sekolah.

 





[Pasang Widget] | [tutup]